Beranda | Artikel
Keadaan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam di Malam Hari
Rabu, 7 Juli 2004

BEBERAPA GAMBARAN MENGENAI QIYAAMUL LAIL

Keadaan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam di Malam Hari
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling mengetahui Rabb-nya Azza wa Jalla, orang yang paling bertakwa kepada-Nya dan orang yang paling dicintai-Nya. Karena itulah beliau selalu memanfaatkan setiap kesempatan untuk berkhalwat (menyendiri) bersama Kekasihnya (Allah Subhanahu wa Ta’ala), beribadah kepada Penciptanya dan bersyukur kepada Rabb yang telah mengutamakan di atas alam semesta ini dan yang telah menjadikannya pemimpin para Rasul.

Ketika malam telah tiba dan telah menguraikan penutupnya, beliau menghadap kepada Rabb yang diibadahi, beliau bermunajat, berdo’a dan tunduk beribadah kepada-Nya sambil berdiri, duduk maupun sujud hingga malam hampir saja menjadi terang, sedangkan beliau tidak merasakan lamanya beribadah, bagaimana dapat beliau merasakan hal itu sedangkan beliau sedang menyendiri bersama Allah Subhanahu wa Ta’ala, menyendiri bersama Raja para raja, menyendiri bersama Rabb Yang menguasai alam langit dan Dia berkuasa atas segala sesuatu, menyendiri bersama Kekasihnya, bersahabat dengan-Nya dan menghadap kepada-Nya dengan hati, tubuh dan ruhnya. Ya Allah, berilah kami rizki berupa upaya untuk bisa beribadah di malam hari dan merasakan nikmatnya beribadah dan melihat wajah-Mu yang mulia.

‘Abdullah bin Rawahah Radhiyallahu anhu menceritakan tentang keadaan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam di malam harinya:

يَبِيْتُ يُجَافِـي جَنْـبُهُ عَنْ فِـرَاشِهِ إِذَا اسْتَثْقَلَتْ بِالْمُشْرِكِيْنَ الْمَضَاجِعِ

Beliau bermalam sambil merenggangkan lambung dari tempat tidurnya, ketika tempat-tempat tidur terasa berat bagi orang-orang musyrik.[1]

Gambaran Tentang Kesungguhan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam Dalam Beribadah.
Diriwayatkan dari al-Mughirah bin Syu’bah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat hingga kedua telapak kaki beliau membengkak, lalu ada yang berkata kepada beliau, “Apakah engkau memaksakan diri untuk ini, padahal Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberikan ampunan bagimu atas dosa-mu yang telah lalu dan yang akan datang?” Beliau menjawab:

أَفَلاَ أَكُوْنُ عَبْدًا شَكُوْرًا.

‘Apakah tidak boleh jika aku termasuk hamba yang bersyukur.”[2]

Dan diriwayatkan dari ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma, dia berkata, “Jika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat, beliau berdiri hingga kedua telapak kaki beliau merekah, lalu ‘Aisyah bertanya, ‘Kenapa engkau melakukan semua ini, padahal Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberikan ampunan bagimu atas dosa-dosa-mu yang telah lalu dan yang akan datang?’ Lalu beliau menjawab,

أَفَلاَ أَكُوْنُ عَبْدًا شَكُوْرًا.

‘Apakah tidak boleh jika aku termasuk hamba yang bersyukur.’[3]

Dan diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dia berkata:

كَانَ رَسُـوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي حَتَّى تَزْلَعَ قَدَمَاهُ، يَعْنِي تَشَقَّقُ قَدَمَاهُ.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat hingga kedua telapak kakinya merekah.”[4]

Ibnu Baththal berkata, “Dan di dalam hadits ini terdapat pelajaran agar seseorang menjadikan dirinya bersungguh-sungguh dalam beribadah, sekalipun hal itu membahayakannya, karena Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan hal itu, padahal beliau telah mengetahui apa yang telah diberikan kepadanya (yaitu pengampunan dosa yang telah lalu dan yang akan datang), lalu bagaimana dengan orang yang tidak mengetahui hal itu, terutama bagi orang yang tidak merasakan aman bahwa dirinya berhak masuk Neraka.”[5]

Di antara gambaran tentang ibadah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah hadits yang diriwayatkan dari ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma, ia berkata, “Aku pernah kehilangan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada satu malam dari tempat tidur, lalu aku mencarinya, lalu kedua tanganku mengenai kedua telapak kaki beliau, sedangkan beliau tengah melakukan sujud dan kedua telapak kaki beliau sedang ditegakkan, ketika itu beliau membaca do’a:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ، وَأَعُوْذُبِكَ مِنْكَ لاَ أُحْصِي ثَـنَاءً عَلَيْكَ، أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ.

‘Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari murka-Mu, dengan pengampunan-Mu dari siksaan-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari-Mu, aku tidak dapat menghitung sanjungan terhadap-Mu, sebagaimana Engkau menyanjung-Mu atas diri-Mu.’[6]

Dan diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu anhuma, ia berkata, “Aku pernah bermalam di rumah bibiku, Maimunah binti al-Harits, istri Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan ketika itu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sedang berada bersamanya pada malam (giliran)nya, lalu beliau melakukan shalat ‘Isya’ (di masjid), kemudian beliau pulang ke rumahnya, lalu beliau melakukan shalat empat raka’at dan kemudian tidur, kemudian beliau bangun lalu bersabda, ‘Anak kecil ini telah tidur,’ atau beliau mengucapkan kata-kata yang serupa, kemudian beliau bangun dan aku pun bangun di sebelah kirinya, lalu beliau merubah posisiku menjadi di sebelah kanannya, lalu beliau melakukan shalat lima raka’at, kemudian melakukan shalat dua raka’at, kemudian tidur hingga aku mendengar dengkurannya, kemudian beliau keluar untuk melakukan shalat (Shubuh).”[7]

Dan diriwayatkan dari ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma, dia berkata:

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي بَعْدَ الْعِشَاءِ اْلآخِرَةِ إِلَى أَنْ يَنْصَدِعَ الْفَجْرُ.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan shalat setelah shalat ‘Isya’ hingga fajar menyingsing.”[8]

Abu Dzarr Radhiyallahu anhu berkata, “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah beribadah hingga Shubuh dengan membaca satu ayat, yaitu ayat:

إِن تُعَذِّبْهُمْ فَإِنَّهُمْ عِبَادُكَ وَإِن تَغْفِرْ لَهُمْ فَإِنَّكَ أَنتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

‘Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkau-lah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.’ [Al-Maa-idah/5: 118][9]

Dan diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu, dia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah tidak berpuasa selama satu bulan hingga kami menyangka bahwa beliau memang tidak berpuasa dan beliau pernah berpuasa hingga kami menyangka bahwa beliau tidak berbuka sama sekali. Engkau tidak berharap melihat beliau pada malam hari dalam keadaan shalat melainkan engkau akan melihatnya dan juga dalam keadaan tidur melainkan engkau akan melihatnya.”[10]

Gambaran Tentang Lamanya Berdiri yang Dilakukan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu memperpanjang berdiri dalam shalatnya, dan ketika beliau ditanya, “Shalat yang bagaimanakah yang paling utama?” Beliau menjawab, “Yang lama berdirinya.”[11]

Dalam riwayat Muslim disebutkan bahwa beliau menjawab, “Yang lama qunutnya.”[12]

Dan diriwayatkan dari Hudzaifah Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Aku pernah melakukan shalat bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada suatu malam, lalu beliau kemungkinan akan membukanya dengan membaca surat al-Baqarah. Aku berkata, ‘Beliau membaca seratus ayat, kemudian beliau ruku’. Tatkala beliau melewatinya, aku berkata, ‘Beliau membacanya dalam dua raka’at.’ Tatkala sampai pada kalimat an-naas[13] saya berkata, Beliau membacanya dalam satu raka’at, tatkala beliau selesai dari surat ini, beliau membuka dengan membaca surat Ali-‘Imran, lalu ketika beliau melewati bacaan tasbih, takbir, tahlil, penyebutan Surga dan Neraka, maka beliau berhenti, lalu beliau berdo’a atau memohon perlindungan kemudian beliau ruku’. Ketika ruku’, beliau membaca: ‘Subhaana Rabbiyal ‘azhiim’. Lamanya beliau ruku’ sama dengan lamanya beliau berdiri atau lebih lama lagi, kemudian beliau membaca, ‘Sami’allaahu liman hamidah,’ lalu beliau berdiri dalam waktu yang lama, kemudian beliau sujud. Ketika sujud, beliau membaca, ‘Subhaana Rabbiyal a’la.`”[14]

Dan diriwayatkan dari ‘Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Aku pernah melakukan shalat bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau memperpanjang (shalatnya) hingga aku menginginkan sesuatu hal yang buruk. Lalu ada yang bertanya, ‘Apa yang engkau inginkan?’ ‘Abdullah menjawab, ‘Aku menginginkan agar aku bisa duduk dan aku meninggalkannya.`”[15]

Dan masih banyak lagi hadits yang diriwayatkan dari beliau yang menerangkan tentang shalat malam, membaca al-Qur-an dan menghidupkan malam-malamnya dengan hal-hal tersebut.

Shalawat Allah dan salam-Nya tetap atas beliau.

[Disalin dari kitab “Kaanuu Qaliilan minal Laili maa Yahja’uun” karya Muhammad bin Su’ud al-‘Uraifi diberi pengantar oleh Syaikh ‘Abdullah al-Jibrin, Edisi Indonesia Panduan Lengkap Shalat Tahajjud, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir]
_______
Footnote
[1] HR. Al-Bukhari dalam kitab al-Jumu’ah, bab Fadhli man Ta’aarra minal Laili fa Shallaa, (hadits no. 1155).
[2] HR. Al-Bukhari dalam kitab al-Jumu’ah, bab Qiyaamun Nabiy Shallallahu alaihi wa sallam al-Lail … (hadits no. 1130), dan Muslim dalam kitab Shifatul Qiyaamah, bab Iktsaaril A’maal wal Ijtihaad fil ‘Ibaadah (hadits no. 2819).
[3] HR. Al-Bukhari dalam kitab Tafsiiril Qur-aan, bab Liyagh-fira lakallaahu maa Taqaddama min dzanbika wa maa Taakh-khara, (hadits no. 4837) dan Muslim dalam kitab Shifatul Qiyaamah bab Iktaaril A’maal wal Ijtihaad fil ‘Ibaadah (hadits no. 2820).
[4] HR. An-Nasa-i dalam kitab Qiyaamil Lail bab al-Ikhtilaaf ‘alaa ‘Aisyah fii Ihyaa-il Lail (hadits no. 1645).
[5] Fat-hul Baari, (III/20).
[6] HR. Muslim dalam kitab ash-Shalaah, bab Maa Yuqaalu fir Rukuu’ was Sujuud, (hadits no. 486).
[7] Telah lalu takhrijnya
[8] HR. Ahmad dalam Musnadnya, (hadits no. 24026).
[9] HR. An-Nasa-i dalam kitab al-Iftitaah, bab Tardiid Aayah, (hadits no. 1010), Ibnu Majah dalam kitab Iqaamatish Sha-laah, bab Maa Jaa-a fil Qiraa-ah fii Shalaatil Lail, (hadits no. 1344) dan Ibnu Khuzaimah dalam kitab Shahiihnya (I/271). Hadits ini dihukumi shahih oleh ‘Abdul Qadir al-Arnauth dalam komentarnya atas kitab Zaadul Ma’aad (I/331).
[10] HR. Al-Bukhari dalam kitab al-Jumuu’ah, Bab Qiyaamun Nabiy Shallallahu ‘alaihi wa sallam bil Lail…, (Hadits no. 1141).
[11] HR. Ad-Darimi dalam Sunannya, (hadits no. 1424).
[12] HR. Muslim dalam Shahiihnya dalam kitab Shalaatil Musaa-firiin wa Qashriha, bab Afdhalish Shalaah Thuulul Qunuut, (hadits no. 756).
[13] Maksudnya adalah ayat: (QS. Al-Baqarah/2: 142).
[14] HR. Abu Dawud dalam kitab ash-Shalaah, bab Maa Yaquulur Rajulu fii Rukuu’ihi wa Sujuudihi, (hadits no. 874). Hadits ini dihukumi shahih oleh Syaikh al-Albani dalam kitab al-Misykaah, (hadits no. 1200).
[15] Telah lalu takhrijnya


Artikel asli: https://almanhaj.or.id/890-keadaan-nabi-shallallahu-alaihi-wa-sallam-di-malam-hari.html